Agama Hindu kelas X : Artha Sastra (Nitisastra)

ARTHA SASTRA (NITISASTRA)

Arthashastra adalah risalah India Kuno tentang administrasi negara, kebijakan ekonomi dan strategi militer yang konon ditulis oleh Kautilya dan Viṣhṇugupta, yang secara tradisional diidentifikasi sebagai Cāṇakya, seorang sarjana di Takshashila dan kemudian menjadi perdana menteri Kemaharajaan Maurya atau ilmu tentang politik atau ilmu tentang pemerintahan. Dasar-dasar ajaran Arthasastra terdapat hampir semua bagian kitab sastra dan veda. Di dalam rgveda dan yajur veda terdapat pula pokok pokok pemikiran mengenai Arthasastra. Penjelasan lengkap terdapat di kitab Itihasa dan Purana. Identifikasi Kautilya atau Vishnugupta dengan perdana menteri Maurya,Chānakya, akan menentukan masa penulisan Arthaśāstra sekitar abad ke-4 SM. Meski demikian, kesamaan dengan berbagai smrti dan kitab referensi lainnya akan menimbulkan anakronisme sehingga kemungkinan Arthaśāstra ditulis dari abad ke-2 hingga ke-4 M. Ojha mengemukakan pandangan bahwa penyamaan Vishnugupta dengan Kautilya disebabkan karena kesalahan dalam mengenali editor dan penulisnya sehingga ia berpendapat bahwa sesungguhnya Vishnugupta adalah redaktur karya yang murni ditulis oleh Kautilya.

Ringkasnya Arthasastra mengajarkan berbagai ajaran kepemimpinan yang berorientasi pada kepentingan rakyat. Arthasastra di tulis oleh Kauntilya atau dikenal pula dengan nama Chanakya, sekitar tahun 250 SM. Kitab ini ditulis oleh Kauntilya saat mana keadaan politik di negeri India kacau, para pejabat/bangsawan sibuk berpestapora, negara tidak terurus, korupsi merajalela di sana-sini, yang menjadi korban adalah rakyat, rakyat dibebani berbagai macam pajak dan iuran/pungutan yang tidak perlu. Terlebih lagi India saat itu mengalami ancaman ekspedisi militer dari Kaisar Alexander Yang Agung raja Yunani. Sebagai seorang yang terpelajar, cerdas dan perduli dengan keadaan rakyat Kauntilya memberikan kritik pada kekuasaan saat itu, namun penguasa saat itu menghinanya. Hal ini tidak menyurutkan semangat dari Kauntilya untuk memperjuangkan hak-hak rakyat. Dia bertekad membangun kekuatan rakyat untuk meruntuhkan kekuasaan yang korup. Langkah awal yang diambilnya adalah membangun kesadaran rakyat terhadap negara, ini dilakukannya dengan berkeliling ke seluruh wilayah India. Setelah kesadaran rakyat terhadap negara terbangun maka beliau mengajarkan tentang kekuasaan, merebut kekuasaan, mempertahankan kekuasaan dan memfungsikan kekuasaan sebagai istrumen kesejahteraan sosial. Kauntilya mengajarkan bagaimana menjatuhkan para penguasa yang korup dengan memanfaatkan Indria (nafsu), yaitu dengan membiarkan mereka terjebak dalam kubangan nafsu, sebaliknya kekuatan rakyat digalang dengan melakukan pengendalian Indria (nafsu) seperti yang diajarkan dalam Kitab suci Weda.

Arthaśāstra adalah ilmu tentang politik atau ilmu tentang pemerintahan. Dasar-dasar ajaran Arthaśāstra terdapat dihampir semua bagian kitab sastra dan Veda. Di dalam Rg.Veda maupun Yajurveda terdapat pula pokok-pokok pemikiran mengenai Arthaśāstra. Penjelasan lebih lengkap dapat ditemukan dalam kitab Itihāsa dan Purāna. Kitab Mahābhārata dan Rāmāyana boleh dikatakan memuat pokok-pokok ajaran Arthaśāstra dengan nama Rājadharma. Mulai pada abad ke VI SM., bentuk naskah Arthaśāstra mulai memperlihatkan bentuknya yang lemgkap dan sempurna setelah Dharmaśāstra meletakkan pokok-pokok pikiran mengenai Arthaśāstra itu. Pada abad ke IV SM., Kautilya menulis bukunya yang pertama dengan nama Arthaśāstra. Kitab Arthaśāstra inilah yang dianggap paling sempurna sehingga dengan demikian kita dapat mengatakan bahwa Kautilya atau Canakya atau Viṣṇugupta dapat kita anggap sebagai Bapak Ilmu politik Hindu. Relevansi isi Arthaśāstra yang masih relevan dengan alam pikiran politik modern di Barat, terdapat di dalam ungkapan kitab Arthaśāstra itu. Karena itu untuk mendalami ilmu politik Hindu dianjurkan agar disamping membaca Itihāsa dan Purāna, supaya membaca Dharmaśāstra dan Arthaśāstra karya Canakya itu. Dari berbagai tulisan, dapat disimpulkan bahwa istilah Arthaśāstra adalah bukan satu-satunya istilah yang dikenal dalam kitab sastra Veda. Mengenai penulis di bidang Arthaśāstra pun banyak pula. Nama-nama yang banyak disebut antara lain: Manu, Yajñavalkya, Usaṇa, Bṛhaspati, Visalaksa, Bharadvāja, Parasara dan yang terakhir dan paling banyak disebut-sebut adalah Kautilya sendiri. Dalam Arthaśāstra terdapat empat aliran pokok. Perbedaan tampak dari system penerapan ilmu politik berdasarkan ilmu yang diterima sebagai sistem untuk mencapai tujuan hidup Manusia (Purusārtha). Bhagavad Sūkra yang menulis Arthaśāstra dengan nama Śukrānitiśāstra. Buku ini berisikan ajaran-ajaran teori ilmu politik yang ditulis dalam ± 2200 sair. Disamping itu Kamāṇdaka juga telah menulis Nitiśāstra yang semuanya memberi pandangan yang luas tentang ilmu politik.


Kitab-Kitab yang tergolong Artha Sastra antara lain, Usana, Nitisastra, Sukraniti, Manawa Dharmasastra, Purwadigama, Agama, Sarasmuscaya, Dewadigama, Negarakramasasana, dan Writisasana.

Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Indonesia Kelas XII: Contoh Teks Cerita Sejarah Lengkap Beserta Struktur Teksnya "LEGENDA BATU MENANGIS"

Contoh Ceramah Bahasa Indonesia Mengenai Pentingnya Tertib Berlalu Lintas untuk kelas XI

Contoh Teks Hasil Observasi: Tenun Khas Jembrana